zwani.com myspace graphic comments

School



Al Qur'an

zwani.com myspace graphic comments

Hyper Threading



Hyper-Threading (HT) atau nama resminya Hyper-Threding Technology (HTT) adalah technology yang diperkenalkan oleh intel atas implementasinya terhadap kemampuan prosesor dalam menjalankan “multi-theading”, yaitu menjalankan banyak “thread” atau proseskerja dalam satu waktu bersamaan. Hyper-Threading memanfaatkan tenaga processor yang idle agar dapat menjalankan proses yang lainnya.

Proses terdiri dari beberapa thread. Dalam beraktivitas denan computer, tentunya kita selalu terlibat dengan banyak proses. Bahkan sering terlbat dengan banyak proses sekalgus dalam satu periode. Untuk mengenai proses demikian banyak prosesor yang akan kewalahan, dan akan melambat. Sehingga dapat mengganggu pekerjaan,dan mengurangi efisiensi kerja. Untuk mengatasi hal tersebut, intel memperkenalkan teknologi Hper-Threading.

Teknologi ini pada awalnya diperkenalkan intel pada processor Pentium 4 3.06 GHz dengan FSB 533MHz pada tahun 2002. Dalam implementasi pertamanya, prosesor dengan HT memakan lebih banyak area dari die processor dibanding dengan processor biasa (non HT). intel menklaim dengan teknologi HT kinerja dapat meningkat sebesar 15-30% disbanding prosesor yang tidak memiliki fitur HT.


HT bekerja dengan cara menggandakan beberapa bagian tertentu dari prosesor tetapi tidak menduplikasikan resource eksekusi utama, sehingga processor dengan HT seolah memilki 2 processor logical. Sehingga memunkinkan system operasi dapat memproses dua atau lebih prses secara simultan. Ketika resource eksekusi utama tidak digunaakan oleh proses yang ada, maka HT dapat menggunakan resource ekseusi tersebut untuk mengerjakan proses lainnya. Sehingga dapat meningkatkan kinerja dan efisien waktu.


HT dapat mempercepat proses penanganan thread, namun ada kalanya kinerja malah melambat. Mengapa? Jika system operasi tidak dapat mengendalikan Hyper-Threading, maka proses-proses yang ada akan langsung dijalankan bersamaan ke dalam kedua processor logical tersebut yang sebenarnya hanya terdiri dari satu processor. Maka kinerja processor akan sangat sibuk dan melambat. Solusinya dapat dengan memperbaiki kemampuan scheduler untuk membedakan prosesor logical dan processor fisk.

Untuk mejalankan kemampuan Hyper-Threading ini, anda harus memiliki processor intel Pentium 4 dengan fungsi HT, dan didukung oleh motherboard dengan chipset yang mendukung teknologi Hyper-Threading tersebut.

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Hyper Threading"

Posting Komentar

zwani.com myspace graphic comments
zwani.com myspace graphic comments